Menu

PEMBINAAN, PENGAWASAN DAN SOSIALISASI SISTEM AKREDITASI PENJAMIN MUTU (SAPM)

Pengadilan Agama Tarakan mulai tanggal 26-27 Oktober 2017 kedatangan tamu dari Pengadilan Tinggi Agama Samarida yaitu Yang mulia Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H. (Wakil Ketua) dan Yang Mulia Bapak H. Helmi Nizami, S.H., M.H. (Hakim Tinggi).

Dalam kesempatan kali ini ada beberapa hal yang menjadi tugas beliau dalam kedetangannya ke satuan kerja Pengadilan Agama Tarakan, sesuai dengan surat tugas nomor W17-A/1268/KP.01.1/10/2017 tanggal 23 Oktober 2017 yang pertama ada dalam rangka Pembinaan, Pengawasan dan sosialisasi Sistem Akreditasi Penjamin Mutu (SAPM).

Pada hari pertama dalam kunjungan beliau langsung melakukan pembinaan di satuan kerja dengan metode pemeriksaan berkas-berkas perkara, buku register, laporan-laporan baik itu dari bidang kesekretariatan maupun kepaniteraan, hal ini dilakukan agar bisa memaksimalkan waktu yang diberikan untuk melakukan dua tugas yang harus dilaksanakan tersebut.

Pada hari kedua setelah melakukan pemeriksaan tim dari pengadilan tingkat banding tersbut langsung memaparkan beberapa hasil temuan yang diharapkan kedepannya bisa segera di perbaiki dan dijadikan pelajaran jangan sampai terulang kembali.

Secara garis besar menurut bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Pengadilan Agama Tarakan sudah cukup bagus dalam hal administrasi perkara, akan tetapi memang masih ada beberapa hal yang harus dibenahi terutama dalam hal ketelitian ketika mengerjakan berita acara dalam persidangan maupun adminitrasi dalam persidangan tersebut. Karena walaupun bukan hal yang fatal tapi tertib adminstrasi sangat perlu diperhatikan dalam pelayanan kita kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan prima.

Dilain kesempatan bapak H. Helminizami, S.H.,M.H. yang dalam hal ini konsen pada permasalahan kesekretariatan memberikan catatan sedikit tentang kinerja di Pengadilan Agama Tarakan, salah satunya adalah masalah ketelitian dalam penginvetarisan Barang Milik Negara yang mana dalam hal ini masih ada beberapa barang yang belum terdaftar pada daftar barang ruangan, hal ini menjadi maklum di kerenakan keterbatasan personel pada bidang kesekretaritan. Akan tetapi hal itu harus segera dibenahi.

Setelah melakukan pemaparan terkait hasil pengawasan kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Sistem Akreditasi Penjamin Mutu (SAPM), yang mana dalam pemaparan dari Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H. mengatakan bahwa sosialisasi ini dalam rangka persiapan akreditasi terhadap seluruh Peradilan Agama se-Indonesia yang ditargetkan tahun 2018 sudah diterapkan.

Dalam kesempatan itu pula beliau menyampaikan pentingnya koordinasi dari peradilan tingkat banding dan tingkat pertama demi terlaksananya akreditasi tersebut, karena bagaimanapun standar pelayanan baik terhadap masyarakat pencari keadilan maupun terhadap pegawai internal satuan kerja masing-masing masih kurang.

Oleh karena itu diarapkan nantinya ketika SAPM ini berjalan yang mana didalamnya terdapat Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai acuan masing-masing satuan kerja bisa bekerja secara efektif, efesien dan profesional.

Dan dalam akhir kesempatan tim dari Pengadilan Tinggi Agama Samarinda mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dan pelayanannya selama mereka di Tarakan semoga tugas yang tim laksanakan selama dua hari bisa bermanfaat bagi Pengadilan Agama Tarakan amin ya robbal alamin. (HB)

PENGADILAN AGAMA TARAKAN
JL. SEI SESAYAP NO. 1 KEL.KAMPUNG EMPAT
KEC. TARAKAN TIMUR KOTA TARAKAN
TELP : 0551-21003
FAX : 0551-2038585
EMAIL : [email protected]

Go to top