Menu

UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA

Pada hari Jumat bertepatan dengan tanggal 27 Oktober 2017 Pengadilan Agama Tarakan menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah-Putih dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017 di Halaman Utama Kantor PA. Tarakan pada pagi hari. Ketua Pengadilan Agama Tarakan yang mulia Ibu Yurita Heldayanti, S.Ag., M.H. yang bertindak sebagai pembina upacara dan diikuti oleh seluruh pegawai baik negeri, honorer maupun mahasiswa-mahasiswi Universitas Borneo Tarakan yang sedang magang.

Beliau menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya terhadap semua jajaran pegawai Pengadilan Agama Tarakan yang bisa ikut memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2017 ini disamping beliau juga membacakan amanat dari menteri pemuda dan olah raga (MENPORA), yang mana ada beberapa point yang menjadi penekanan dalam amanat sumpah pemuda dari MENPORA tersebut diantaranya adalah bagaimana sejarah perjuangan pemuda-pemudi pada saat itu dalam menyatukan kaum muda sebagai bibit lahirnya sebagai NKRI sebelum kemerdekaan tercetus.

Point lain yang bisa dambil dalam amanat tersebut adalah bagamana perjuangan pemuda-pemudi pada saat itu yang beraneka ragam suku dan budaya bisa mempunyai semangat yang sama dalam memperjuangkan kemerdekaan dan bahkan seorang tokoh nasionalis seperti Bung Karno dalam sebuah kesempatan pernah menyatakan “jangan warisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda, kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir

Upacara peringatan hari sumpah pemuda ini juga sebagai momentum meningkatkan rasa nasionalisme, pengabdian, tanggungjawab, disiplin dan pelaksanaan gerakan revolusi mental aparatur sipil negara (ASN) untuk mewujudkan kehidupan berbangsa, bernegera dan bermasyarakat yang dilandasi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. (HB).

PENGADILAN AGAMA TARAKAN
JL. SEI SESAYAP NO. 1 KEL.KAMPUNG EMPAT
KEC. TARAKAN TIMUR KOTA TARAKAN
TELP : 0551-21003
FAX : 0551-2038585
EMAIL : [email protected]

Go to top