Menu

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Pada hari ini Senin tanggal 2 Oktober 2017 Pengadilan Agama Tarakan melakukan upacara dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober 2017 hal ini juga sesuai dengan surat edaran sekretaris mahakamah agung Republik Indonesia nomor 882/SEK/HM.01.2/09/2017 tanggal 27 September 2017 dan surat edaran Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda nomor W17-A7/1202/HM.01.2/9/2017 tanggal 28 September 2017 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017.

Yang bertindak sebagai pembina upacara adalah yang mulia bapak H. Ahmad Asy Syafi’I, S.Ag. (Wakil Ketua) dikarenakan Ketua Pengadilan Agama Tarakan sendiri yang mulia Ibu Yurita Heldayanti, S.Ag., M.H., harus menghadiri Upacara Bendera Hari Kesaktian Pancasila oleh Pemerintah Kota Tarakan, dan yang menjadi Pemimpin Upacara pada saat itu adalah saudara Rajib Syahri, S.Kom. (Kasubbag Umum dan Keuangan) dan sesuai dengan intruksi Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia tema dalam upacara kali ini adalah “Kerja Bersama Berdasarkan Pancasila Mewujudkan Masyarakat adil dan Makmur”.

Ada beberapa hal yang harus difahami dalam upacara tersebut diantaranya adalah hari kesaktian Pancasila berbeda makna dengan hari lahir Pancasila itu sendiri, jika hari lahir Pancasila adalah moment ketika ditetapkannya Pancasila sebagai ideologi negara kesatuan Republik Indonesia, sedangkan hari kesaktian Pancasila ada hubungannya dengan Gerakan 30 September 1965 yang kita kenal dengan istilah G30S/PKI, dimana pada saat itu usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis akan tetapi usaha itu digagalkan oleh pemerintah pada saat itu.

Oleh karena itu dalam upacara tersebut ada pengucapan ikrar yang dibacakan yang berkaitan dengan moment kesaktian Pancasila tersebut diantaraya adalah :

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari kalimat ikrar tersebut dapat kita pelajari bahwanya sejak dahulu sampe sekarang usaha untuk merusak ideologi bangsa yaitu Pancasila sudah sering terjadi dan sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Republik Indonesia harus menjaga nilai-nilai ideology tersebut. (HB) 

PENGADILAN AGAMA TARAKAN
JL. SEI SESAYAP NO. 1 KEL.KAMPUNG EMPAT
KEC. TARAKAN TIMUR KOTA TARAKAN
TELP : 0551-21003
FAX : 0551-2038585
EMAIL : [email protected]

Go to top