logo baru

FA TEMPLATES SPANDUK 5x1 TANPA FOTO 03

Written by Admin on . Hits: 107

PEMBINAAN OLEH HAKIM AGUNG DR. H. YASARDIN, S.H., M.HUM.

WhatsApp Image 2020 06 26 at 11.17.26 1

Hari ini, Jum’at, 26 Juni 2020, segenap warga Pengadilan Agama Tarakan, mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, para Hakim, beserta pegawai Pengadilan Agama Tarakan mengikuti pembinaan dan kajian rutin secara online di ruang sidang Pengadilan Agama Tarakan. Pembinaan tersebut didasarkan pada surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2229/DJA/HM.00/6/2020, tanggal 23 Juni 2020, perihal "Pembinaan Teknis Yustisial". Pembinaan diisi oleh Hakim Agung Yang Mulia Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum. dengan tema Permasalahan Hukum Ekonomi Syari’ah.

Sebelum pembinaan dimulai, acara dibuka oleh Bapak Dr. Aco Nur, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I. Dalam pembukaannya, Bapak Aco menyampaikan, pembinaan teknis yustisial dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hakim dan Panitera atau Panitera Pengganti dalam perkara Hukum Ekonomi Syari’ah. Selain itu, Bapak Aco juga menyampaikan nasehat kepada seluruh Hakim dan segenap pegawai Peradilan Agama agar selalu meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Sidak online akan dilakukan oleh sejumlah Pengadilan Tinggi Agama menyangkut fasilitas dan keberadaan hakim serta pegawai di kantor. Beberapa hal yang harus diperhatikan dan ditingkatkan adalah rapor SIPP, Zona Integritas, pemanfaatan Aplikasi Vision, pemanfaatan 11 Aplikasi, Penilaian Mandiri Pelaksanakan Reformasi Birokrasi (PMP RB) dan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM).

WhatsApp Image 2020 06 26 at 19.16.15

Bapak Aco juga menyampaikan, Badan Peradilan Agama serta Peradilan Agama seluruh indonesia tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang prima (Excellent Service) kepada para pencari keadilan di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan beberapa aplikasi dan selalu mengikuti perkembangan media sosial. Sehingga kehadiran Peradilan Agama dapat dirasakan oleh masyarakat dan advokat. Jangan lupa untuk selalu merespon kebijakan Badilag dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan.

Pembawa acara dalam pembinaan ini adalah Bapak Dr. Boy Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa pembinaan teknis yustisial tentang Hukum Ekonomi Syariáh sangatlah penting bagi Hakim dan segenap Aparatur Peradilan Agama. Selanjutnya mempersilahkan kepada YM. Dr. Yasardin, S.H., M.Hum. menyampaikan paparannya.

WhatsApp Image 2020 06 26 at 19.16.15 3 1

Di antara yang disampaikan oleh Yang Mulia Bapak Yasardin adalah, untuk memperhatikan beberapa hal dalam memeriksa hukum ekonomi syari’ah. Salah satunya adalah, apakah perkara tersebut masuk dalam kategori Perbuatan Melawan Hukum (PMH) atau wanprestasi (ingkar janji). Beliau mencontohkan perkara ekonomi syari’ah yang diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Agama. Penggugat adalah anggota Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah melawan Tergugat yang merupakan Lembaga Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah, sebagai Tergugat I, Ketua Koperasi sebagai Tergugat II dan Suami Tergugat II sebagai Tergugat III. Perkara tersebut telah diperiksa dan diputus di tingkat kasasi di Mahkamah Agung.

Dari contoh perkara yang disampaikan, hakim harus menentukan perkara tersebut masuk kategori PMH atau wanprestasi. Dikarenakan waktu sangat terbatas, maka pembinaan terkait tema hibah belum dapat dilaksanakan dan akan dilaksanakan di lain waktu. Selanjutnya, pembinaan ini ditutup oleh Bapak Aco. [HDA]

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]