logo baru

Written by Admin on . Hits: 239

SOSIALISASI e-COURT

Mahkamah Agung sebagai bentuk lembaga penegak keadilan tentunya harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan, dengan asas cepat dan biaya ringan maka Mahkamah Agung mengeluarkan inovasi dalam beracara secara elektronik atau yang kita kenal dengan program e-Court.

Pengadilan Agama Tarakan yang merupakan bagian dari Mahkamah Agung sudah seharusnya juga melaksanakan program Mahkamah Agung tersebut dengan langkah awal sosialisasi e-Court di pengadilan Agama Tarakan bekerja sama dengan Kantor Cabang Bank BRI Kota Tarakan dengan di hadiri oleh para advokat di wilayah Kota Tarakan.

Acara yang diadakan hari jumat siang pada tanggal 8 februari 2019 tersebut bisa dikatakan sukses, dimana apa apa yang menjadi tujuan diadakannya sosialisasi tersebut sudah tercapai.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Ketua Pengadilan Agama Tarakan yang mulia ibu Yurita Heldayanti, S.Ag., M.H., mengucapkan terima kasih kepada para peserta baik dari pihak Bank BRI sebagai mitra kerja aplikasi e-Court itu sendiri maupun kepada para advokat yang nantinya sebagai pengguna aplikasi tersebut.

Selanjutnya Ketua pengadilan Agama Tarakan juga menyebutkan bahwa aplikasi e-Court ini sesuai dengan ketentuan Perma No 3 tahun 2018 masih dalam tahap pengembangan sehingga untuk sementara penggunaannya masih sebatas pada perkara gugatan dan hanya bisa di gunakan oleh para advokat yang sudah mendaftakan serta terverifikasi oleh Pengadilan Tingkat Banding dimana mereka di ambil sumpahnya, sehingga untuk pengguna perseorangan dan atau badan hukum lainnya akan diatur kemudian.

Dalam kesempatan itu pula pihak Bank BRI Kota Tarakan mengatakan bahwa sangat mendukung program Mahkamah Agung terutama dalam hal proses pembayaran (e-Payment) secara virtual account dalam apliksi e-Court itu sendiri dan siap untuk membantu apabila nantinya ada terjadi kesulitan dalam proses pembayaran tersebut. (HB)

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]